Nikmatnya Susu Susanti

Anda para lelaki yang otaknya terlanjur mesum membaca judul diatas, please, buang jauh-jauh harapan bahwa saya akan mengumbar cerita dewasa seperti yang sering anda akses di situs-situs murahan yang banyak bertebaran di jagad maya :p. Sekali lagi, sebelum pikiran kita jauh mengembara membayangkan hal-hal jorok, mari bicara tentang sesuatu yang sedikit ilmiah, tentang ilmu yang pernah kita peroleh di bangku kuliah. Setuju ?

Untuk mahasiswa komunikasi, istilah marketing mix mungkin bukan sesuatu yang asing. Seingat saya, materi tersebut bisa didapatkan pada beberapa mata kuliah, terutama yang berkaitan dengan komunikasi bisnis. Ilmu komunikasi memang  terkait dengan hampir seluruh aktifitas manusia, termasuk kegiatan marketing dan ekonomi secara umum. Itu pulahlah yang membuat saya bangga, karena ilmu yang pernah saya peroleh ternyata berpengaruh terhadap semua sisi kehidupan manusia.

Termask untuk hal-hal bersifat sangat privat sekalipun, ilmu komunikasi begitu dibutuhkan. Anda mungkin pernah dengar bahwa urusan ranjang juga membutuhkan komunikasi yang baik dan intens. So, anda cukup tau saja bahwa jika punya pasangan kelak, komunikasi saya di tempat tidur tidak akan bermasalah #apasih

Marketing mix yang banyak bicara tentang bauran antara product, price, place dan promotion dalam memasarkan sebuah brand tak akan saya ingat-ingat lagi jika bukan karena interaksi saya dengan Gadis Puspitasari, seorang teman yang bekerja sebagai Marketing Manager pada sebuah koorporasi di Bandung yang menjadi produsen produk Susu Susanti. Susu Susanti yang mengusung tagline ‘Segar Merangsang” adalah susu murni yang dikemas dalam gelas plastik bergambar perempuan dengan desain yang cozy.

Minggu lalu saya ikut membantu Gadis membuat Press Release pembukaan outlet baru Susu Susanti di Jl. Purwakarta, Antapani, Bandung. Praktis sayapun harus mendalami product knowledge demi sebuah press release yang berkualitas dan suksesnya acara Press Conference temen saya itu🙂. Sayapun harus mencari-cari referensi tentang bagaimana sebuah produk membentuk positioning.

Susu SusantiTernyata nama-nama produk yang nyeleneh seperti halnya Susu Susanti mulai bermunculan sejak era social media banyak digunakan sebagai medium pemasaran produk-produk baru. Perpaduan nama yang unik dan dan karakter social media dengan kemampuan menyebarkan informasi secara massif, membuat proses menciptakan ketertarikan seperti yang disebut pada pola pemasaran dengan konsep AIDA ( Attention, Interest, Desire, Action ), bisa tercapai dengan baik.

Mereka rata-rata sukses mendapat tempat dihati konsumen. Di Bandung, yang saya tau ada nama Rawon Setan, Nasi Goreng Mafia, Bebek Garang, Nasi Goreng Gila, Oseng Mercon dan Maichi yang fenomenal itu. Mungkin ini menjadi pakem baru marketing mix yang lebih banyak menonjolkan diferensiasi pada unsur promosi mereka, dan umumnya mereka berhasil meskipun kualitas produk tetaplah yang paling utama.

Dan untuk Susu Susanti sendiri, kemampuan “memanfaatkan” nama legenda bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti sebagai plesetan produk, menjadi sebuah nilai lebih. Selain itu, pemilihan nama menu serta gimick yang selalu dihadirkan di social media mereka seperti pada akun twitter @SusuSusanti, membuatanya selalu menjadi top of mind ditengah masyarakat Bandung yang memang terkenal dinamis. Bayangin, di outlet Susu Susanti terdapat menu dengan nama Surasang (susu rasa pisang), Subego (Susu rasa stroberi dan mango), Sukresek, Surakiw, Suramok dan masih banyak lagi. Cukup unik kan ?🙂

Jika kita kerap mendengar ada usaha baik yang berskala makro maupun usaha kecil tiba-tiba pailit. Jangan-jangan mereka tak mampu mengikuti pakem baru marketing mix yang telah banyak bergeser seiring kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Sebuah kondisi yang menutut kretifitas tanpa henti !

One thought on “Nikmatnya Susu Susanti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s