Keep Moving Forward

Arsenal v Tottenham Hotspur - Premier League-1441536Kekalahan telak Arsenal dari Liverpool dalam lanjutan Liga Premier Inggris pekan ke-25 (Sabtu, 8/2/2014), tidak saja menyisakan luka di hati skuat The Gunners. Dua hari pasca gelontoran 5 gol para punggawa The Reds ke gawang Szczesny, kekecewaan seperti tak juga hilang dari hati para fans klub London Utara itu.

Komentar para Gooners, julukan fans Arsenal, terus meramaikan jagad maya. Mulai dari yang bernada positif sampai cercaan dan caci maki. “Mulai berpikir untuk membakar semua atribut Arsenal yang saya miliki”. Demikian komentar ekstrim sesama penggemar Arsenal di akun facebook miliknya.

Menduduki posisi puncak klasmen lalu kalah dengan skor telak 5 – 1, memang bukan cara yang baik untuk turun dari tahta. Tapi itulah sepak bola. Kalah menang bukan hanya mengajarkan kita tentang sportivitas dan fair play. Disuatu waktu, kita butuh jatuh untuk sadar bahwa sesekali kita harus menginjak bumi. Selalu berada dipuncak membuat kita minim pengetahuan tentang pahit manis perjuangan.

Jerman pernah merasakan terus berada diatas angin diawal turnamen lalu terkapar oleh keganasan skuat Matador yang sempat mengalami kekalahan dan diragukan lolos ke babak final Piala Dunia 2010. Tim Panser seperti mengalami antiklimaks justru ketika pagelaran akbar olahraga sepak bola itu memasuki fase penentuan juara.

Seperti kata pelatih Arsenal “Yang terpenting adalah bagaimana kami merespon pertandingan Rabu nanti ( melawan MU )”. Ujar Wenger. Mentor gaek asal prancis itu  ingin mengirim pesan ke semua pihak bahwa membangun optimisme adalah sikap paling baik menyikapi kekalahan. Itu bukan kali pertama wenger memilih bersikap wise menyikapi kekalahan.

Inilah kenapa saya begitu menyenangi Arsenal, klub dengan sejarah panjang yang akrab dengan sepak bola menyerang. The Gunners adalah satu diantara sedikit klub yang secara konsisten mempraktekkan filosofi Menyerang adalah pertahanan terbaik. Ya, Bergerak maju ada sebuah keniscayaan, sebuah prinsip yang selalu di aplikasikan dalam setiap kata dan sikap sang manager.. Keep moving forward..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s