Distro anak-anak di Bandung

Jika Industri Clothing ( distro ) selama ini dikenal lebih banyak menyasar kalangan muda. Tapi di Kota Bandung yang notabene menjadi pionir industri clothing, ternyata ada juga yang  mengkhususkan diri pada pasar anak-anak. Namanya Babybones. Pakaian balita seperti baju, celana, topi sampai sendal dan sweater, didesain khusus dan tampil beda dari kebanyakan baju anak-anak yang sering kita lihat. Produksinyapun dibuat limited edition dan berubah dari waktu ke waktu layaknya pakaian distro yang selama ini familiar dikalangan remaja.

Kemarin saya sempat mampir ke tempat tersebut. Pengen beli baju buat anak saya yang kedua ( yg ini saya ngomongnya sambil ngimpi :p ). Usut punya usut, ternyata yang punya usaha adalah Nedi Sopian, vokalis Band Harapan Bangsa. Mhmm, jadi ceritanya nih, Nedi yang memiliki skill desain dan memang berlatarbelakang musik,  melihat fenomena pakaian anak yang motifnya itu-itu saja, bahkan cenderung seragam. Kalo bukan kartun, pasti motif bunga atau karikatur. Atau yang lagi ngetrend, baju anak yang sepertinya cocok dipake sama anak saya nanti “Ganteng Kaya Papa”🙂.

Kembali ke usaha yang sedikit diluar mainstream itu, Kata Bro Nedi nih, banyak orang tua yang menginginkan anaknya tampil beda atau bahkan modis seperti layaknya orang dewasa. Mungkin yang diistilahkan dengan papa atau mama-mama gaul. Fenomena yang kemudian membuat Nedi tergerak untuk coba-coba mendesain baju anak dengan corak musik dan awalnya dikhususkan buat sang buah hati tercinta. Ya namanya juga rezeki, teman-teman Nedi yang telah berkeluarga, akhirnya banyak yang minta untuk dibuatkan baju anak dengan desain yang sama.

Babybones ( display2 )Jika anda berkunjung ke outlet babybones di Jalan Trunojoyo Bandung, dari luar sekilas akan terlihat seperti toko distro biasa yang selama ini  banyak menjual pakaian untuk kalangan remaja dan dewasa. barulah ketika anda masuk ke ruangan berukuran sekitar 3 x 5 meter yang di cat warna warni itu, akan terlihat pakaian anak dengan desain yang lain dari biasanya. Ada desain music series, quotes atau desain khusus seperti little picasso series. Ada baju anak bergambar vokalis Band Nirvana, Curt Cobain. Kereennn ..

Tapi bener juga sih. Ketika jalan-jalan ke mall, beberapa kali saya menyaksikan anak kecil atau bahkan anak bayi berpenampilan sedikit nyentrik. Ada yang berpakaian seperti orang dewasa. Tampil dengan rambut model mohawk mirip Mario Balotelli atau wajah mereka didandanin bak model catwalk.

Ah, selalu menyenangkan memang mendandani anak-anak kita dengan pakaian dan aksesori yang lucu dan unik. Bisa jadi agar mereka semakin menggemaskan atau mungkin kita ingin merepresentasikan diri kita sebagai orang tua pada mereka. Tubuh-tubuh mungil itu terlalu belia untuk memahami berbagai perlakuan untuk mereka. Sampai suatu masa dalam hidupnya, diapun akan tumbuh dan menentukan dunianya sendiri. menentukan baju yang akan dipakainya. Mungkin bukan baju yang kita suka. Saat itu kitapun sadar bahwa tak selamanya kita “berkuasa” atas diri mereka…

“Anak-anak bukanlah buku mewarnai. Anda tidak bisa mengisi mereka dengan warna favorit Anda ” ~Khaled Hosseini

7 thoughts on “Distro anak-anak di Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s