Hotel Hewan di Bandung

Akhir bulan lalu saya berkesempatan mengunjungi sebuah fasilitas penitipan hewan di jalan Setiabudi Bandung. Namanya Pet Inn Bandung. Lokasinya berada di dalam areal Hotel Universal yang mewah dan bercorak seperti kastil. Belakangan saya baru tau, kalau fasilitas yang oleh pemiliknya disebut Hotel Hewan itu memang dikelolah oleh owner Hotel Universal juga.

Iwan Permana, sang Manager Pet Inn, menjelaskan bahwa awalnya fasilitas tersebut diperuntukkan bagi penghuni hotel Universal yang kebetulan membawa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Naluri bisnis sang pemilik baru tergelitik untuk mengkomersilkan tempat tersebut setelah melihat animo warga Bandung menitipkan hewan mereka ketika akan bepergian keluar kota untuk waktu lama.

Setelah melihat-lihat fasilitas di Pet Inn Bandung, sayapun akhirnya setuju dengan sebutan hotel. Bukan wisma, penginapan, guest house apalagi tempat penitipan seperti istilah saya sebelumnya. Untuk ukuran makhluk tak berakal semacam kucing ( eh maaf yang cing), fasilitas yang ada didalamnya memang teramat mewah. Atau mungkin ini penilaian subyektif saja karena saya memang jarang menikmati fasilitas mewah hehehe..

Whateverlah, yang jelas ketika menginjakkan kaki di bangunan berukuran sekitar 10 x 50 meter itu, kesan hotel memang sudah sangat terasa. Halamannya bersih tertata, lantainya kinclong, dindingnya dicat warna warni, “pegawainya” pun berseragam layaknya pegawai hotel. Diantara pegawai itu, ada yang bertugas membersihkan tempat tidur hewan, memandikan dan mernyisir rambut, eh.. bulu hewan, memberi makan hewan dan adapula yang bertugas membawa hewan-hewan itu ke dokter hewan kalau sedang sakit.

Ketika pegawai itu akan masuk ke kamar hewan, merekapun diwajibkan untuk  permisi, “tok.tok,tok, maaf, room boy. ( Hihihihii ini asli karangan saya saja ). Yang jelas, para pegwai itu memang sudah dididik untuk memahami psikologi dan karakter hewan-hewan seperti kucing atau anjing. Kapan sang hewan sedang lapar, sedang malas, sedang ingin bermain atau sedang ingin bercinta ( hahhaha.. ). Atau mungkin pas malam minggu, kucingnya galau karena jauh dari pasangan #eh.

Pokoknya hewan-hewan itu benar-benar dimanjakan lahir dan batin. Mereka disiapkan makanan yang enak-enak. “makanan yang kami berikan adalah yang terbaik” ujra Iwan Permana. Mereka juga disiapkan tempat tidur yang empuk, kamar mandi yang bersih plus shampo, yang pasti kualitas terbaik juga. Di depan hotel dua lantai berkapasitas sekitar 40 kamar itu, juga terdapat arena bermain dan kolam renang yang bisa digunakan kapan saja.

Ini dia Hotel Hewan nan mewah itu

Ini dia Hotel Hewan nan mewah itu

Hmmm, pasti nyaman nih tidur didalamnya. Mau ? hehehe

Hmmm, pasti nyaman nih tidur didalamnya. Mau ? hehehe

Ini bukan arena bermain anak TK. Ini buat anjing dan kucing bo..

Ini bukan arena bermain anak TK. Ini buat anjing dan kucing bo..

Biasanya anjing berenang disini. Mereka telanjang berenangnya. Kalau mau ngintip boleh..

Biasanya anjing berenang disini sambil telanjang. Kalau mau ngintip boleh..

Mhh.. jadi pengen belai-belai.. anjingnya !!

Mhh.. jadi pengen belai-belai.. anjingnya !!

Namanya juga hotel, biaya nginapnya pasti tak sedikit. Perhari, pemilik kucing atau anjing, harus membayar mulai nominal 120 ribu hingga 200 ribu lebih, tergantung berat badan hewan. Asal tau aja, di Bandung masih ada beberapa penginapan atau wisma ( untuk manusia pastinya ) yang hanya bertarif 75 ampai 100 ribu rupiah.

Mhmm.. enak benar yang hewan-hewan itu.. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sekali-sekali mereka mungkin memang butuh sedikit dimanusiakan. Toh seperti manusia, hidup hewan juga hanya sekali. Iya kan ?. Tidak salah jika kita banyak melihat hewan-hewan didandani seperti manusia, dipakein baju khusus dan duduk di jok belakang mobil tuannya.

Sebaliknya, manusia haruslah semakin menunjukkan sifat kemanusiaanya sebagai makhluk berakal, jangan mengumbar hawa nafsu seperti anjing, kucing . Menjegal satu sama lain selayaknya srigala di dalam hutan, seenaknya merebut hak-hak orang lain seperti buaya di sungai. Karena jika demikian, kita sama saja dengan hewan-hewan itu. Bahkan kita lebih rendah dari mereka, karena sesungguhnya memang mereka tak berakal seperti kita. Apalagi sekarang mereka sudah mulai berlaku seperti manusia.. berdandan, main ke mall, bermain, bahkan nginap dihotel mewah seperti di Pet Inn..

( Nomer Telpon Hotel Universal yang mengelolah Pet Inn Bandung 022 2010388 )

Hotel Universal yang bersebelahan dengan Pet Inn Bandung. #kapan lagi bisa narsis...

Hotel Universal yang bersebelahan dengan Pet Inn Bandung. #kapan lagi bisa narsis…

10 thoughts on “Hotel Hewan di Bandung

  1. Kl Kucing Persia berat nya 2,5 – 3 kg brp biaya per malam nya ? Apa saja yg hrs disiapkan selain uang tentunya…. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s