Cibaduyut

Ketika menyebut Kota Bandung, yang terlintas dipikiran banyak orang adalah Dago dan Cibaduyut. Dua kawasan itu memang menjadi ikon Kota kembang selain factory outlet dan wisata kulinernya yang menggoda.

“Anda belum ke Bandung kalo tidak menyambangi Cibaduyut”. Begitu ucapan seorang pedagang sepatu ketika saya berkujung ke tempat itu pada sebuah kesempatan di akhir pekan. Cibaduyut memang menjadi sentra penjualan dan kerajinan sepatu, pakaian kulit serta aksesori  yang telah terkenal keseluruh Nusantara bahkan ke mancanegara.

Kawasan Cibaduyut yang terletak di selatan kota Bandung, ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan atau hari libur. Berbelanja sepatu tentu menjadi tujuan utama, entah untuk dipakai sendiri atau untuk dijadikan oleh – oleh. Nurfajri ( 25 ) seorang karyawan swasta mengaku memilih buah tangan berupa sandal karena harganya yang murah.” dengan 15 ribu, sudah bisa membawa pulang dua pasang sendal untuk oleh – oleh” ucapnya sumringah.

Dari amatan inspirasi Usaha, bahkan ada sandal yang dilego dengan harga hanya enam ribu rupiah per pasang. Icu Syamsu ( 58 ) salah seorang pedagang yang sudah menempati cibaduyut sejak 30 tahun yang lalu, mengaku bisa menjual sepatu dan sandal dengan harga minim karena langsung diperoleh dari para pengrajin sepatu yang berada dikawasan Cibaduyut. Menurut Lelaki asli Bandung itu, sepatu dengan harga 50 ribu rupiah, bisa dibawa pulang dari Cibaduyut.

Harga yang murah dan kualitas yang tidak kalah dengan sepatu atau sandal bermerek sekalipun, membuat Cibaduyut tidak hanya menjadi surga wisata belanja namun juga menjadi salah satu pusat grosir sepatu dan sandal terbesar di Indonesia dan terkenal sampai ke kawasan Asia.

Icu Syamsu mengaku kerap mensuplay sepatu ke Arab Saudi, Malaysia dan Singapura. Bahkan sebelum produk – produk dari China merajai pasar Asia dan dunia. Icu kerap mengirim barang ke negeri tirai bambu itu sampai 5000 pasang “satu kali pengiriman bisa satu kontainer” ucapnya bangga.

Demikian pula Abdul hamid ( 37 ) yang mengelolah grosir sepatu JK Collection di Cibaduyut, Dirinya mengaku menjual sepatu bukan hanya per item tetapi juga  untuk para reseller ( jual partai ). “para pedagang dari Sumatera sampai papua berbelanja ditempat kami” akunya. Pengakuan yang sama juga dilontarkan oleh Icu Syamsu. Menurutnya, banyak pula langganan dari tokonya yang berhubungan bisnis dengan system kepercayaan. “mereka tinggal pesan dengan mengirimkan kode barang, jika sudah saling percaya, uang bisa belakangan” ucapnya.

Di Cibaduyut banyak pedagang yang kemudian mempertajam segmen konsumen mereka dengan spesifikasi produk yang dijual. Misalnya ada toko yang menjual khusus sepatu wanita, khusus sepatu olah raga atau sepatu kulit jenis boot. Diantara mereka ada yang murni pedagang dan adapula yang merupakan pengrajin sepatu dan sekaligus menjual produk mereka dikawasan tersebut.

Jika ingin berbelanja dengan sistem partai, berhubungan dengan pedagang yang sekaligus pengrajin, cenderung lebih menguntungkan karena peluang mendapatkan harga yang lebih murah akan semakin besar. Begitu tips dari seorang pedagang yang menempati salah satu toko di Cibaduyut. Saat berbelanja di Cibaduyut, Jika ingin benar – benar mendapatkan harga termurah, sebaiknya jangan segan untuk menawar serta membandingkan harga antara satu toko dengan toko lain.

Karena selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, Di Cibaduyut akhirnya kita tidak hanya bisa berbelaja sandal atau sepatu murah. Kerajinan tangan, souvenir, T – shirt, stiker, jaket kulit, ikat pinggan, dompet sampai makanan khas bandung  dapat pula diperoleh. Penjual makanan dan minumanpun berjejer di lokasi itu.

Anda punya rencana ke Bandung ? jangan lupa untuk mengunjungi Cibaduyut yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit dari pusat kota. Lalu bersiaplah untuk memborong sepatu dan sandal murah dari salah satu Destinasi wisata di Kota Kembang tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s