Euro 2012 dan Kita

Hingar bingar Piala Eropa 2012 sudah berlalu. Negeri matador sekali lagi membuktikan diri sebagai salah satu kekuatan sepakbola Eropa yang harus selalu diperhitungkan. Saya sendiri tak lagi semangat mengikuti ajang itu, sejak Jerman tumbang di babak semifinal. Maklum, sejak dulu saya adalah pengagum Der Panzer, tim yang menurut saya selalu tampil menghibur disetiap turnamen.

Seperti biasa, sepakbola selalu menarik perhatian hampir seluruh penghuni jagad raya. Gaung Piala Eropa, tak hanya bergema di Polandia dan Ukraina yang menjadi tuan rumah, tapi merambah hampir keseluruh belahan dunia, dari kota sampai di perkampungan, disaksiklan di kafe – kafe berkelas sampai ke pos ronda kelurahan. Ponakan saya saja yang tinggalnya di kampung kecil di kepulauan Selayar sana, sempat minta dibeliin jersey timnas Belanda. Tapi saya gak beliin karena belum terima gaji😀.

Setiap suporter memiliki cara sendiri untuk mendukung tim favoritnya. Untuk mereka yang ada distadion, tentu sudah sering kita liat seperti apa kegilaaan mereka dalam memberikan support.

Pun kita yang teramat jauh untuk menjangkau Polandia dan Ukraina ( jauh dalam artian jarak dan juga kemampuan kantong :p ), gak mau ketinggalan dong mendukung tim yang sedang berlaga di ajang empat tahunan itu, dan kitapun punya cara kita masing – masing. Gak usah jauh – jauh, anda yang punya Blckberry pasti suka memperhatikan pola tingkah dari blackberry Messenger contact anda. Mulai dari yang keranjingan pasang bendera negara kontestan Piala Eropa, maskot tim, pemain idola, karikatur sampai hujatan di display BBM yang terus dilontarkan untuk tim yang menjadi lawan tim favoritnya.

Seorang Komandan polisi yang pernah pernah saya interview dalam sebuah siaran radio, mengatakan seperti ini : karakter masyarakat kita, sesungguhnya tergambar dari perilaku mereka di jalan raya. Tapi taukah anda ( lagaknya serius bangat ! ) karakter kita sesungguhnya tercermin pula dari bagaimana kita mengekspresikan diri dalam mendukung tim kebanggan kita. yang bisa jadi contoh, tentu euforia para suporter di Piala Eropa yang baru saja lewat. Setidaknya jika saya amati sebagai seorang pengamat yang tidak diakui, ada beberapa karakter suporter sesuai pola tingkah mereka.

Yang pertama adalah supporter elegan. Mereka adalah pendukung sejati yang murni memberi support tanpa berusaha menjatuhkan tim lain dengan berbagai hujatan dan cacian yang kadang tidak proporsional bahkan kadang jauh melenceng dari konteks dan nilai – nilai olah raga sepakbola itu sendiri. Golongan ini adalah pendukung cerdas dan murni penikmat sepakbola. Saya masuk golongan ini lhoo🙂.

Yang kedua adalah pendukung rese, hehehee. Kelompok ini biasanya sibuk sendiri mengumbar kelemahan tim lain ( tim lawan ) padahal gak ada manfaatnya juga. Dan seperti yang sudah saya sebutkan, mereka kerap berkomentar diluar konteks sepak bola. Belanda di hujat sebagai negara penjajah. it’s just a football game, not a poltics, okey.. belum lagi kalau sudah mulai menyinggung SARA, mhmmm.. stupid !, bisa jadi, dalam kehidupan sehari – harinya, mereka juga kerap berlaku serupa. Wallahualam..

Oh iya, ada pula yang kerap berganti – ganti tim favorit. Hari ini Belanda, besok Italia. Bisa jadi pendukung seperti ini adalah suporter kagetan yang ikut ramenya aja, atau mungkin sedang ikut taruhan. Tapi bisa jadi mereka memang kalangan oportunis yang pola berpikirnya cenderung pragmatis.. Tapi semoga itu hanya dalam mendukung Tim sepakbola saja, tidak dalam kehidupan sehari – hari, menjadi pribadi yang mudah diombang – ambing oleh keadaan dan lingkungan sekitarnya. Jangan – jangan orang dengan tabeiat seperti ini, akan meninggalkan pasangannya ketika sang kekasih sedang terpuruk, ihh ngeriii. Kalau benar seperti itu, segeralah bertobat. Apalagi jika ramalan suku Maya tentang kiamat 2012 benar adanya🙂.

Yang terakhir adalah supporter maksa, pura – pura ingin meramaikan tapi sama sekali gak punya interest di sepakbola. Orang ini mungkin suka tampil seolah – olah,  ingin dipandang dengan citra tertentu yang sama sekali bukan dirinya. Biasanya mereka akan melontarkan komentar seperti ini “Sayang sekali tim kebanggan saya tak lolos piala Eropa, Jadinya saya tak begitu bergairah pada Piala Eropa tahun ini ” Emang negara apa mas tim favoritnya ? ; BRASIL !!!!, hadeuwww

Tulisan ini guyonan semata. Bisa jadi nggak ada hubungannya antara cara mengekspresikan dukungan dengan sifat keseharian kita. Tapi jika benar adanya, semoga bisa menjadi pemnbelajaran. Amien !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s